Skip to main content

Jerawatan Story: Sampe sembuh dan Gak Pake lagi Obat Dokter


Guyss ku mau bercerita dan berbagi penglaman soal JERAWAT HAHAHA (beruntusan juga). Anyway ini bakal panjang bangeettt. Aku bakal bagi jadi beberapa section kaya jurnal WKWK. Tapi semoga gabosen ya HAHA. 

Introduction: 2017
Oke, jadi, aku pas tahun 2017 sampe pertengahan 2018 itu bener-bener penyakitan dah muka. Sebelumnya w gapernah sama sekali jerawatan meskipun sebelumnya ku perawatan muka dsb itu jarang banget geys bahkan cuci muka aja ogah-ogahan gitu (Sehari paling sekali bahkan dua hari sekali WKWK), gapernah tuh skincare macem-macem. Pokonya cuek banget dah masalah muka tapi bener-bener gapernah ada masalah sama sekali, karena emang sih kulit muka aku cenderung kering.
Tapi setelah negara api menyerang, ia menghilang....WKWK

Setelah umur si aku ini menginjak 19-20 tahun (yak tepatnya 2017 kemarin) gatau kenapa tiba-tiba jerawat bermunculan.  Enam bulan pertama di dagu. Asalnya cuma satu loh, terus gatau kenapa makin banyak. Tiba-tiba muncul lagi di dahi, antara alis gitu. Nah dari sini udah mulai concern, ini kenapa sih. Mulai deh pake-pake-an skincare macem-macem dari yang alami, kaya jeruk nipis,  masker bengkoang mustika ratu, sampe skincare korea udah dicobain (innisfree, the saem, nature republic aloe vera gel, dsb)

Awal-awal 2018: Jerawat makin parah. The worst.
Nah pas ulang tahun ke 20 (ahir-ahir 2017 sebenernya), entah kenapa ya aku ngerasa makin parah aja jerawatnya. Sampe aku udah pakein lemon selama 2minggu, itu tiap hari berturut-turut, ya di masker ya diminum juga air lemonnya, pake ini itu malah semua dicobain, tapi nonsense deh pokonya. Sampe pas yang terparah tuh pas awal-awal 2018 ini. Jerawatnya sampe ke pipi-pipi, yang meradang, merah, bernanah, sakit banget pokonya, apalagi kalau sujud juga sakit bangett, orang-orang juga sampe heran “itu kenapa jadi kaya gitu mukanya?” wkwk. ><. HAA KUNAON INITEH.
Sempet  nih ilang si jerawat. Tapi kaya baru dua hari bersih, eh doi muncul lagi. Mati satu tumbuh seribu. Begitu deh pokonya polanya, yang ini hilang, muncul lagi makin banyak. KAYA STOCK SPLIT HAHAHAH. Ini dia foto pas udah agak bersih. Ini sekitaran bulan Januari.
MAAF YA FOTONYA =)))

 11 hari kemudian... -_-

sekitaran bulan februari
Lalu karna udah cape aja gitu liatnya wkwk dan temen-temen serta mamita udah menyarankan coba ke dokter aja kalau udah kaya gitu. Emang udah parah bangetsih segini buat aku, muka aingteh ampir jerawat semwaahh: pipi kanan doang yang bersih. Ahirnya aku memutuskan untuk ke dokter, meskipuun pada awalnya takut buat ke dokter karena takut ketergantungan. Btw ini aku sertakan foto-fotonya lagi


April 2018: Ke dokter 1.
Bulan April kemarin berangkatlah w ke dokter. Berdasarkan pengalaman mamita dan udah searching-searching dulu sebelumnya: ke thread female daily, nemulah satu dokter. Ku memutuskan buat ke dr. Liem Fenny. Nah akusih yang di RS. immanuel ya. Tapi pas pertama, dr. Liem Fenny nya udah selesai praktik di hari itu (iyasih emang w ngaret banget datengnya). Sedih akutuh. Yaudah yang ada aja deh dokternya, laki-laki dokternya teh tapi sama aja Sp.KK (Spesialis Kulit dan Kelamin).
Ketika ku curhat sama si dokter. Kurang lebih kaya gini:

jerawatku mulai meradang terutama yang di pipi
“Dok initeh kenapa sih, da akumah sebelum umur segini gapernah sama sekali jerawatan. Hormon atau apasih initeh dok? Soalnya berat badan saya juga naik 4kg tepat sebelum muncul jerawat-jerawat ini”
“ya bisa banyak faktor. Salah satunya makanan. Jadi makanannya dijaga. Jangan makan pedes, daging-daging, berlemak. Makannya buah dan sayur diperbanyak. Suka makan pedes ya?”
“iya dok suka banget. Suka pisan. Tapi dok dulu mah gapapa da makan pedes juga pas. Bukan karena hormon?”
“Kalau hormon mah udah dari dulu, udah lewat kalau umur segini. Kenapa atuh ya? Telat beger meren” terus ketawa WKWKWK.
Yaallah si doker teh bodoor, telat beger=)). Ya emang sih dulu pas lagi beger-begernya w malah bersih gapernah jerawatan samsekkk. Kalau ada juga ya gak gini. WKWK ENTAHLAH KARENA APA INIIL. Masa sih karena makan?? Terus dikasih obat.: Antibiotik sama salep gel mediklin yang merah. Terus disuruh kontrol lagi setelah 2-3minggu.

Mei 2018: Dokter 2 (dr. Liem Fenny)
Belum ada perubahan. Ini emang sih gasabar banget w. Naah baru deh pas udah abis obat dan kontrol lagi tapi ke dr. Liem Fenny (soalnya dari awal udah pengennya ke dr. Liem Fenny sih wkwk). Finalllyy dokternya ada. YIHII. YATUHAN DOKTERNYA CANTIK BANGET. Ah geulis pokonya si dokter teh. Kuceritakan masalahku ini, termasuk apakah berat badan naik juga pengaruh apa nggaksih. Intinya percakapannya dengan Dokternya kek gini:
“Jerawat itu banyak faktor ya penyebabnya. Ya gak cocok kosmetik/skincare, kotor, stress, makanan, dsb.”
“Dok kalau naik berat badan ngaruh ga?”
“Nah berarti bisa aja karena makanan kamu gak dijaga. Jangan makan dulu yang manis, berminyak, berlemak, termasuk pedes. Skincare dan kosmetik semua di stop dulu. Terus itutuh diliat-liat kamu seneng banget pegang-pegangin muka ya. Itu tangan kamu kotor de. Pegang ini, pegang itu, terus pegang muka. Kan ini nih banyak debu, kuman, terus pegang-pegang muka. Udah ya stop pegang-pegang muka. Makin parah nanti jerawatnya berbekas, makin banyak PR kita”

OH WELL OH WELL. Ahirnya ku percaya ternyata emang karena makanan. Udah dua dokter yang bilang berarti karena makanan pluuss emang aku sangat mengakui sering banget jerawatnya di pegang-pegang, bahkan dipecahin sendiri  WKWK. Kebetulan kan w ke dokter semiggu sebelum ramadhan, jadi pas bulan puasa tuh ku itung-itung diet aja dan untung aja lagi pas puasa. Makan bener-bener dijaga: sangat-sangat mengurangi yang namanya makanan berminyak, berlemak, pedes, manis. Nasi aja gue kurangiin HAHAHA. Ampe turun dah berat badan 2kg.  Disamping itu, dokter juga kasih obat: obat minum (vit.A dan antibiotik), acne gel, krim malam, facial wash, foundation buat jerawat. Ohiya kata dr. Fenny sih kalau urusan jerawat mesti kerja sama., artinya mesti nurut apa yang dibilang dokter. 
 
Juli 2018: Last visit ke dokter
Setelah kurang lebih empat kali kontrol ke dokter, alhamdulillaah kulit wajahku ini sembuh. Muka udah kinclong pokonya. Terakhir ke dokter, itu aku diresepinnya krim wajah buat whitening (buat ilangin bekas jerawatnya), serum vit.C, facial wash yang buat kulit normal (karena udah ga berminyak lagi), sunblock, acne gel, salep sebelum tidur DAN banyak minum air putih, makan sayur dan buah. Itu obat-obat abisnya kurang lebih pas bulan September kemarin. Sejujurnya udah gamau ke dokter lagi sih karena mahal hahaha dan masih ada ketakutan buat ketergantungan. TAPII ALHAMDULILLAAH, sama sekali ngga. Sekarang aku udah ngga ke dokter lagi, alhamdulillah muka normal-normal aja.
Jujur sih kemarin-kemarin sempet masih takut buat kalau nanti “stop”, takutnya bakal kaya dulu lagi. But again, aku lihat tips dari female daily, sekali lagi selama nurut sama apa kata dokternya, insyaallah gaakan kenapa-kenapa. Terus tipsnya, sampe dokternya bilang “oke, bolehlah sebulan atau dua bulan lagi kesini” nah itu katanya ya salah satu tanda udah oke lah muka kita. YAA dokterku juga kemarin persiss bilang gitu (Tapi aku gakesana lagi setelah sebulan WKWK) dan Iya bener banget, aku nurut aja apa kata dokternya. Sampe sekarang, asalkan masih dijaga gitu, ya makanan, banyak minum air putih juga, dll, hamdalaah fine-fine aja. Pas awal-awal Ya ada sih jerawat satu dua, tapi ga kek dulu. Dan itu karena mau dapet sih wkwk. Ohiya bener loh, kalau makanan aku gadijaga dan pegang-pegang muka sembarangan, suka jadi beruntus beruntus gajelas, tapi ganyampe gimana-gimana sih. Jadi ya, jaga makanan dan emang harus ubah kebiasaan wkwk.

Kesimpulan
Jerawatan aku kemaren karena:
1.      Makanan gak dijaga
2.      Makin parah karena sering dipegang-pegang
Dan kemungkinan makin parah karena segala dicoba macem-macem skincare, ujung-ujungnya malah beneran makin parah.

Pencegahan dan menjaga:
1.      Menjaga makanan. Kurangin yang berminyak, berlemak, pedas, manis. Banyak makan buah dan sayur serta minum air putih. Pola hidup sehat.
2.      Hilangkan kebiasaan pegang-pegang muka
3.      Skincare jangn sembarangan cobain ini itu. Di orang cocok, belum tentu di kita cocok.
Rincian biaya: satu kali kunjungan dokter Rp150rb. Belum termasuk obat. Obat-obatan sekali tebus untuk semua obatnya antara Rp.500.000 – Rp750.000 (kemarin paling mahal tebus obat sekitar 750rb)

Next, aku bakal ceritain perawatan setelah gak ke dokter lagi yaa

Update:
Apakah setelah ini aku jerawatan lagi? YAA tapi tahun 2020 ya hehe alias 2tahun kemudian setelah aku perawatan ke dokter. Karena apa jerawatannya : MASKER! lagi pandemi covid nih gaiis wkwk. Aku ceritaian juga nih berjuang melawan maskne disini

Comments

  1. Hai km ngalamin sensasi panas terbakar ga pas aplikasiin krim gel acne dan foundation nya ? Apa pemakaian awal emg gt dulu kah dan brp lama ya masa nya untuk di km kl ngalamin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo. Kalau gel nya seingetku ngga tp kalau yg foundationnya iyasih agak agak panas perih gituu. Aku tetep paksain pake sih waktu itu, tp kontrol selanjutnya aku bilang ke dokternya. Abis itu udah deh gak diresepin lagi yg foundation

      Delete
  2. Mau nanya dong aku jg rencana mau ke dokter fenny krn jerawat full semuka grgr lepas dr airin. Untuk awal awal rincian biaya nya brp ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. ko.sama aku juga berenti dr airin lgsng jerawat semuka"... trs k dr. Fenny deh... biaya awal aku kmrn abis 892.000 klu di buletin jd 900 rb lah yah...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Hai hai... rincian biaya sih tergantung tiap dikasih resep nya apa. Aku paling mahal nyampe 750rb, to itupun ga semua resep diambil (krn kebetulan beberapa obatnya ada yg lagi abis pas di apotek) jd siapin budget segitu aja buat satu kali diresepin obat :)))). Terus biaya dokternya 150rb sekali datengg. Yah emang mahal sih, tp yah gimana lagi hahaha. Semangat yaa !!

      Delete
  3. Ka makanan kka dijaga banget ? Atau kali kali suka makan ciki kueh yang cemilan gitu ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kue masih aku makan tp ciki dan permicinan aku kurangin banget, abisnya minum air kelapa aja kalau mau, biar netralin 👌

      Delete
  4. Ka nama ig nya apa mau tanya tanya dong 😊, aku juga lagi berobat ke dr fenny

    ReplyDelete
    Replies
    1. @firaasyz yaa boleh2 langsung dm aja okeyy

      Delete
  5. Sist Syafira..
    Biaya kontrol seterusnya brp? Aku awal abis hampir 1 juta sama hiaya dokter.. huhuhu.. tapi mau gmn lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh ko bisa sih ? aku setiap kontrol selaluu Rp150rb

      Delete
  6. hai kak apa udah ada update tentang skincare sesudah sembuh dan lepas dari cream dokter?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Review] Buffy Aqua Antiseptik: Solusi untuk ukhti-ukhti yang merasa bau ketek dan semua orang yang gasuka deodoran :)

Hi Guyss previously, i am sorry for the tittle, either for this whole post. It sounds controversial, cause this case is hype wkwkwk. Well, well, well nowadayss istilah "ukhti-ukhti bau ketek" lagi hype banget kan yaa. Secara ekplisit emang merujuk pada suatu kelompok, atau apa ya bukan kelompok sih yang tepat, mungkin pada sebagian perempuan, yang di indonesia disebutnya "ukhti-ukhti" (tau kan ya). Padahal artinya ukhti teh perempuan. CMIIW.  Katanya eh katanya, suka semerbak bau tak sedap yang timbul kalau berdekatan sama ukhti-ukhti ini, alias bau badannya. Bukan seorang dua orang yang bilang begitu, tapi banyak orang, dan di twitter, dapet beribu-ribu Retweet dan Love. Terutama sih soal kalau di KRL yang bau badannya mereka ini bisa nyebar sampe segerbong. wkwk HMM, me personally, miris sih. Karena kan ya my luv, kita perempuan muslim harusnya wangi dan harum dan bersih. Bisa aja si saya yah hahaha Naah aku gamau memojokkan atau nga

Kursus Cake Making di Bogasari Baking Center Bandung

Hai guyss. Waw sudah lama aku tidak posting yah. Jadii kali ini ku mau berbagi pengalaman aja gengss. Kurang lebih sebulan yang lalu deh si aku selesai ikutan pelatihan (kalau akusih bilangnya les ya) di Bogasari Baking Center Karapitan karena w di Bandung dan alhamdulillah cabang Karapitan yang paling deket dari tempat bernaung. Fyi, di Bandung setau w nih ada dua cabang di Bandung: Jl. Karapitan sm Jl. Mahkota, tapi gatau ya mungkin ada dimana lagi. brownies dan pound cake. Brownies nya enak banget banget banget Program yang aku ikutin adalah Cake Making. Kalau di brosurnya ada beberapa major program: cake making, noodle making, pastry, bread making, dan cookies. Tapi ada juga program pelatihan lain kaya cake decoration, dimsum, jajanan, dsb pokonya yang tatariguan. Nah Kenapa urang pilih cake making? Karena temen urang juga ikutannya itu dulu EHEHE. Terus mungkin itu paling gampang kali ya buat pemula (?). TAPI NANTI AKU MAU IKUT YANG NOODLE MAKING, im so so so excite